Pages

Kamis, 03 Maret 2011

Perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit


Saya akan mencoba membahas perbedaan windows 32-bit dan 64-bit.
32-bit dan 64-bit mengacu pada arsitektur processor. Processor 32-bit artinya register-registernya (unit penyimpanan data terkecil di dalamnya) berukuran 32 bit, sedangkan processor 64-bit artinya register-registernya berukuran 64 bit. Perbedaan 32-bit dan 64-bit pada dasarnya mengacu pada teknologi pemroses (processor) pada komputer mengenai bagaimana menangani informasi. Processor 64-bit akan mampu mereferensikan pengalamatan data pada memory dibanding processor 32-bit, dan secara teori ini akan dapat memproses data lebih cepat dan performance komputer menjadi lebih baik.
Adanya Windows 32-bit dan 64-bit mengacu pada kemampuan processor yang dapat menjalankan jenis Windows ini.
Pengaruh ukuran register terhadap kecepatan:
Setiap proses baca/tulis dari memory(disebut dengan load/store) membaca/menulis informasi sebesar ukuran register; maka register 64-bit potensial membaca/menulis memory 2x kecepatan register 32-bit.
Pengaruh ukuran register terhadap presisi:
Secara simplisik: Makin panjang register,makin banyak angka di belakang koma yang bisa dihitung secara akurat.
Sebagai gambaran: Misalkan resolusi bilangan real pada 32-bit adalah 0.0001, maka resolusi bilangan real pada 64-bit bisa mencapai 0.000001 (jadi jauh lebih presisi).
Pengaruh ukuran register terhadap ukuran memori:
Salah satu dari sekian banyak register adalah “addressing register”. Addressing register adalah register yang memiliki fungsi ‘menunjuk’ ke alamat tertentu dalam memory. Jangkauan penunjukan ini disebut dengan istilah memory space.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar